Sabtu, 08 Oktober 2011

TOKOH-TOKOH YANG BERPERAN DALAM INTERNET

1. Eric Schmidt, Larry Page, dan Sergey Brin, Eksekutif Google





Pasti tak ada orang yang mengenal Google kan? Hmm, Hampir semua orang pasti kenal dengan Google. Semua itu bermula dari ide Brin dan Page untuk menciptakan mesin pencari di internet, Google tumbuh menjadi sebuah kekaisaran di dunia internet. Bisnis mereka kini bukan hanya search engine tapi menggurita menjadi berbagai aplikasi yang mendominasi layaknya Microsoft mendominasi dunia PC. Kekayaan Google dari nilai saham saja kini berharga 33 milyar US dollar!. Eric Schmidt adalah CEO Google yang sebelumnya memimpin Novell, dipercaya google untuk menjalankan roda bisnis sejak tahun 2001.

2. Jarry Yang, David Filo, Terry Semel, Kalangan Eksekutif Yahoo


Inovasi produk Google dan pembelian Youtube seharga USD 1,65 miliar mungkin mengacuhkan Yahoo dari kalangan public, tetapi raksasa Web tersebut dipimpin oleh founder Yang dan Filo serta CEO Terry Semel yang melancarkan serangan balik. Dua tahun lalu, Yahoo mengambil alih situs photo-sharing Flickr dan situs bookmark sosial Del.icio.us. Perusahaan ini juga melanjutkan aksinya dengan peluncuran properti baru seperti Yahoo Food dan Yahoo Pipes (untuk pembuatan custom data feed). Pergeseran Yahoo ke platform iklan Panama mewakili usaha lain menarik pendapatan iklan yang telah dikuasai Google.

3. Jimmy Wales, Founder Wikipedia

Banyak pengunjung online menganggap ensiklopedi Internet Wikipedia sebagai penghentian pertama dan terakhir dalam pencarian sebuah topik. Konten yang dihasilkan penggunanya menjadi sangat dapat diandalkan sehingga majalah Nature mendeklarasikannya sebagai "sumber yang hampir seakurat [Encyclopedia]." Situs tersebut dikutip sebagai sumber informasi dalam lebih dari 100 keputusan pengadilan di AS sejak 2004. Tetapi popularitasnya juga menjadikan Wikipedia sebagai target oleh para spammer, kasusnya sangat banyak sehingga Wikipedia untuk sementara waktu memblokir akses dari seluruh negara Qatar untuk aksi pengeditan. Untuk menggagalkan usaha spammer, Wales putuskan penghapusan tag "nofollow" pada link eksternal, memberitahukan mesin pencari untuk mengacuhkan link dalam mencegah peningkatan buatan terhadap peringkat mesin pencari target link ini. Strategi ini menjamin keunggulan Wikipedia bahwa pencarian akan terus meningkat. Tetapi Wikipedia hanyalah langkah awal Wales. Ia juga meluncurkan mesin pencari pribadi bernama WikiSeek yang melakukan pencarian terhadap situs-situs yang disebutkan dalam Wikipedia.

4. Chad Hurley dan Steve Chen, Founder YouTube


Walaupun Google mengakusisi perusahaannya, founder YouTube, Chad Hurley (CEO) dan Steve Chen (CTO) sepertinya mengkampanyekan semua hal agar bisa terealisasi. Tokoh video Internet ini memperkenalkan rencana pembayaran user atas video, dan perusahaan ini juga menandatangani beberapa kemitraan konten media besar (dengan MTV, NBC, Warner Music, dll). Rekan co-founder, Jawed Karim malah meninggalkan perusahaan itu dan mengejar gelar master dalam bidang sains komputer di Stanford University.

5. Matt Mullenweg, Developer software dan situs blogging WordPress


Matt Mullenweg hampir tidak membeli minuman (beralkohol), tetapi penggila open source berusia 22 tahun ini berhasil mengembangkan WordPress, software publikasi open source yang disukai oleh peminat blogging di seluruh dunia. Pada 2004, WordPress sudah cukup dikenal sehingga rumah penerbit Web, CNet, menarik Mullenweg untuk menangani proyek ini. Mullenweg mengundurkan diri pada 2005, meninggalkan tawaran untuk bekerja penuh buat WordPress, yang dewasa ini lebih menyerupai content-management system, dengan berbagai template, widget, dan plugin, dan perlindungan antispam Askismet.

6. Jack Ma, COO Alibaba.com


Ingin melakukan bisnis di China tanpa memesan tiket pesawat ke Shanghai? Alibaba.com adalah pertaruhan terbaik. Didirikan oleh Jack Ma pada 1999, e-marketplace business-to-business yang sangat sukses ini adalah tempat online terbaik untuk bertemu dengan pihak-pihak dan memasarkan tawaran proposal dan produk. (Ma dikutip ketika mengatakan bahwa perusahaan itu mendapatkan kesuksesannya sejak ia diculik di Malibu dan muncul keadaan di mana ia harus membantu penahannya memulai bisnis di China.) Pada tahun 2005, Yahoo membuat investasi bernilai miliaran pada Alibaba yang saat ini menjalankan Yahoo China. Perusahaan itu sekarang terperosok dalam skandal, ketika menyediakan informasi penyebab penahan seorang wartawan China akibat pembongkaran rahasia negara.

7. Jeff Bezos, CEO Amazon


Ia mungkin melansir Amazon.com dengan tujuan pengembangan situs itu menjadi toko buku online terbesar, tetapi Bezos menunjukkan bahwa bisnis buku dan CD di seluruh negara itu hanyalah aksi pertama. Putaran berikutnya: merambah barang mainan, kaus, dan perangkat berat. Dan saat ini, sebagai cabang bisnisnya, Bezos melemparkan dirinya sendiri ke dalam layanan Web. Artinya? Hanya sebagai awal dari framework terbaru pengembangan situs, termasuk layanan "utilitas komputasi" yang mungkinkan Anda membeli server time dengan harga 10 sen untuk selama satu jam. Sementara menanti ditemukannya cara strategi grid computing inovasinya bekerja, jangan lupa bahwa Bezos akan menawari Anda Barbie Fashion Fever Grow 'N Style Styling Head dengan potongan harga hingga 50 %.





8. Meg Whitman, CEO eBay


Jika ada industri yang tidak terjamah eBay, saat ini kita tidak akan menemukannya. Entah berusaha menyertakan produk PlayStation 3 pada minggu yang sama dengan publikasinya atau berusaha melengkapi setelan gambaran aksi Thundercats, Anda mungkin akan mengunjungi rajasegala lelang yang patut dimuliakan. Tetapi Meg Whitman, yang berperan sebagai CEO eBay saat ini usianya menjelang 9 tahun (berdasarkan era standar dot-com) dan memiliki banyak ide dari sejak masa boneka GI Joe dan masalah kantor pusat. Ia juga menjadi bos sistem pembayaran online Web terbesar, PayPal, dan bangga terhadap kepemilikan terbarunya atas sistem VoIP paling terkenal, Skype.







9. Kevin Rose, Founder Digg


Semua orang yang memiliki cerita di jaringan Web ingin agar user Kevin Rose "menggalinya." Mantan pembawa acara TechTV (dan kolega Leo Laporte—lihat nomor 47) mendirikan Digg.com pada 2004, menghadirkan kekuatan jaringan sosial untuk bidang pemberitaan. Algoritma Digg mungkinkan user mengajukan berita kesukaan mereka dan memilihnya. Ekspansi Digg hingga ke luar berita teknologi hingga kategori berita mainstream pada Juni 2006 mendorong BusinessWeek memilih gambar Rose yang terlihat bodoh pada bagian depan bersama dengan estimasi penawaran dengan alis mata yang naik sebesar USD 60 juta. Entah Rose seorang multijutawan atau bukan, situsnya ternyata hanya memiliki sedikit pengaruh dalam jaringan Internet. 

10. Dave Winer, Blogger dan author RSS 2.0


Jika Anda menghabiskan waktu berjam-jam sehari untuk membaca podcast, maka Anda dapat berterima kasih atau menyalahkan Dave Winer (semua itu tergantung Anda sendiri). Ia adalah salah satu inventor podcasting—dan salah satu blogger angkatan pertama. Winer mulai dengan blog miliknya bernama Scripting News, yang masih dapat dibaca dengan jelas, pada 1997. Ia juga ikut menulis protokol SOAP, sebuah elemen instrumental dalam Web service tanpa operating system. Tetapi, RSS karyanya—yang merupakan teknologi di belakang feed konten Web—adalah yang mampu melambungkan namanya. Produk itulah, ditambah kemampuannya meyakinkan New York Times untuk melakukan RSS dan karyanya yang dapat dimodifikasi sehingga dapat mendukung file media (melahirkan podcast), menjadikannya sebagai bapak distribusi konten era modern.

11. Mike Schroepfer, Vice president of engineering Mozilla


Dalam kelangsungan perang browser, Mike Schroepfer adalah jenderal bintang lima yang memimpin raksasa tentara open-source tetapi secara desentral yang terdiri dari para anggota dan relawan insinyur. Misinya: mengimprovisasikan Web browser terbaik di dunia, Firefox. Lingkungan open-source Firefox mungkinkan siklus pengembangan yang lebih cepat untuk pengintegrasian fitur baru dan keamanan tambahan. Verifikasi kesuksesannya adalah adopsi Internet Explorer 7 terhadap fitur FireFox seperti tabbed browsing.





12. Sir Tim Berners-Lee, Direktur World Wide Web Consortium (W3C)
Apa yang akan Anda lakukan setelah menciptakan World Wide Web dan menawarkan secara cuma-cuma? Mendirikan konsorsium yang bertujuan mengimprovisasikannya. Ilmuwan Inggris ini merancang Web browser, editor, dan language protocol (HTTP) pertama sementara juga bekerja sebagai ilmuwan untuk CERN (European Organization for Nuclear Research), dan ia mendirikan W3C pada 1994. Ia saat ini menyuarakan dukungannya terhadap netralitas Internet. Dan seperti kata kalangan perusahaan finansial terbilang tua bernama E.F. Hutton, jika Berners-Lee berbicara, semua orang akan mendengarkan.

13. Henry Chon, CEO Cyworld

Jangan sebut Cyworld sebagai MySpace-nya Korea. MySpace justru adalah Cyworld-nya AS. Di Korea Selatan, berdasarkan perkiraan 25 % populasi (dan 90 % penduduk remajanya) memiliki akun Cyworld. Situs ini memiliki desain individu berupa miniatur avatar animasi mewakili mereka dalam dunia online unik. Pada 2006, CEO Henry Chon menawarkan Cyworld ke kawasan AS. Walaupun Cyworld saat ini mendapat kesuksesan sebanding, MySpace tidak dengan mudah dapat beristirahat jika catatan profil Chon memberikan indikasi adanya kompetisi di masa depan.


14. Shana Fisher












Senior vice president IAC/InterActiveCorp untuk strategi dan M&A,Chairman dan CEO IAC/InterActiveCorp Barry Diller, mencintai online enterprise miliknya. Setelah perayaan pembelian, IAC saat ini memiliki Ask.com, Citysearch, Expedia, Match.com, Ticketmaster, dan host bisnis Web berorientasi layanan. Tetapi siapa yang menganjurkan Diller untuk menginvestasikan uangnya? Tentu saja penasehat merger dan akuisisinya, senior VP, Shana Fisher, yang menentukan ke mana dan kapan saatnya IAC harus berinvestasi. Pengawasannya atas serentetan aksi akuisisi IAC menjadikannya tanpa ragu sebagai wanita paling kuat dalam bisnis Internet.

15. Niklas Zennstrom dan Janus Friis, Founder Skype dan KaZaA.

Sepertinya Niklas Zennstrom dan Janus Friis tidak dapat berhenti membuat inovasi. Pertama mereka membuat jaringan distribusi file peer-to-peer (walaupun dikacaukan malware) KaZaA. Lantas mereka meningkatkan usaha dengan membuat software VoIP yang sangat terkenal, Skype. Setelah menjual Skype ke eBay seharga USD 2,6 miliar, pasangan ini kembali memproduksi Joost (awalnya bernama "The Venice Project"), sebuah layanan distribusi video P2P yang saat ini masih dalam bentuk beta untuk kalangan sendiri. Akankah Zennstrom dan Friis membuat aplikasi peruntungan pembunuh? Setelah diwajibkan menyelesaikan perkara hukum RIAA sehubungan KaZaA dengan nilai USD 100 juta, mereka langsung menegosiasikan dengan penyedia konten saat persiapan peluncuran Joost secara resmi.

16. Matt Mullenweg, Developer software dan situs blogging WordPress.

Matt Mullenweg hampir tidak membeli minuman (beralkohol), tetapi penggila open source berusia 22 tahun ini berhasil mengembangkan WordPress, software publikasi open source yang disukai oleh peminat blogging di seluruh dunia. Pada 2004, WordPress sudah cukup dikenal sehingga rumah penerbit Web, CNet, menarik Mullenweg untuk menangani proyek ini. Mullenweg mengundurkan diri pada 2005, meninggalkan tawaran untuk bekerja penuh buat WordPress, yang dewasa ini lebih menyerupai content-management system, dengan berbagai template, widget, dan plugin, dan perlindungan antispam Askismet.

17. Philip Rosedale, CEO Linden Lab
Philip Rosedale menggunakan konsep MMORPG (massively multiplayer online role-playing game) dan menghadirkannya dalam destinasi Web virtual yang paling sering dibicarakan, Second Life. Tetapi jangan menganggapnya hanya sebagai sebuah permainan. Bagi makin banyak "penggunanya," Second Life menjadi kehidupan pertama, di mana mereka dapat melakukan apa saja dalam dunia virtual mulai dari menikah hingga peluncuran bisnis yang berfungsi secara eksklusif sesuai batasan yang dimiliki situs tersebut. Banyak pebisnis dunia nyata membuka cabang di layanan Second Life juga. Faktanya, Second Life menjadi sangat terkenal karena serangan telak mulai dilancarkan. Nick Denton dari Valleywag membandingkan sistem finansialnya dengan skema piramida.

18. Jon Lech Johansen, Creator DeCSS decryption program.

Lebih dikenal sebagai DVD-Jon, Jon Lech Johansen adalah hacker asal Norwegia yang mengungkap sistem enkripsi yang digunakan pada film DVD, tetapi memberi kemungkinan penyalinannya. Johansen merilis DeCSS decryption program pada 2002 dan saat itu ditawarkan secara nasional. Akhirnya lebih disebarluaskan, Johansen melancarkan pemecahan DRM iTune buatan Apple (kembali) selagi ia bekerja sebagai software developer di AS. Jika terjadi kekacauan dengan pemukulan dalam membongkar format high-definition DVD dengan muslix64 yang masih anonim, pembuat program "backup" untuk HD DVD akhir tahun lalu dan untuk Blu-ray Disc pada Januari lalu. Johansen tetap pembelot yang paling ditakuti media besar.

19. Jerry Yang, David Filo, dan Terry Semel, Kalangan Eksekutif Yahoo.

Inovasi produk Google dan pembelian YouTube seharga USD 1,65 miliar mungkin mengacuhkan Yahoo dari kalangan publik, tetapi raksasa Web tersebut dipimpin oleh founder Yang dan Filo serta CEO Terry Semel yang melancarkan serangan balik. Dua tahun lalu, Yahoo mengambil alih situs photo-sharing Flickr dan situs bookmark sosial Del.icio.us. Perusahaan ini juga melanjutkan aksinya dengan peluncuran properti baru seperti Yahoo Food dan Yahoo Pipes (untuk pembuatan custom data feed). Pergeseran Yahoo ke platform iklan Panama mewakili usaha lain menarik pendapatan iklan yang telah dikuasai Google.

20. Jack Ma, COO Alibaba.com

Ingin melakukan bisnis di China tanpa memesan tiket pesawat ke Shanghai? Alibaba.com adalah pertaruhan terbaik. Didirikan oleh Jack Ma pada 1999, e-marketplace business-to-business yang sangat sukses ini adalah tempat online terbaik untuk bertemu dengan pihak-pihak dan memasarkan tawaran proposal dan produk. (Ma dikutip ketika mengatakan bahwa perusahaan itu mendapatkan kesuksesannya sejak ia diculik di Malibu dan muncul keadaan di mana ia harus membantu penahannya memulai bisnis di China.) Pada tahun 2005, Yahoo membuat investasi bernilai miliaran pada Alibaba yang saat ini menjalankan Yahoo China. Perusahaan itu sekarang terperosok dalam skandal, ketika menyediakan informasi penyebab penahan seorang wartawan China akibat pembongkaran rahasia negara.

21. Brewster Kahle, Direktur Internet Archive

Sejak 1996, Internet Archive nirlaba ini mengumpulkan ribuan byte data—buku tua, film, musik, dan tayangan televisi. Sementara itu, fitur lainnya bernama Wayback Machine, sedikit mengambil gambar sejarah Web untuk catatan aksi browsing. Kunjungilah gambar lama situs kesukaan Anda melalui Internet, mungkin akan terasa kaget betapa berbedanya halaman itu dahulu. Kahle ikut membuat Internet Archive dengan tujuan "memelihara warisan digital," tetapi jangan biarkan kalangan kurator yang sederhana membodohi Anda. Kahle juga bersaing untuk hak cipta AS dalam kasus Kahle melawan Gonzales, kasus hukum amendemen pertama yang mengesankan.

22. Ray Ozzie, Chief software architect Microsoft

Pada 2006, saat Bill Gates melepaskan posisinya sebagai chief software architect pada Microsoft setelah dipegangnya selama 30 tahun, pengamat menyambut pengganti pilihannya dengan tepuk tangan: software visionary, Ray Ozzie. Kreator software kolaborasi Lotus Notes dan Groove kini bertugas menjamin relevansi teknologi Microsoft dalam era di mana Web menjadi ancaman yang akan menggantikan desktop OS tradisional. Perintis dalam kolaborasi berbasis komputer, Ozzie sepertinya siap untuk menangani pekerjaan itu. Satu saran spontan untuk Ray: Ia perlu memikirkan peng-update-an blog miliknya dahulu.



23. Markos Moulitsas Zuniga, Blogger Daily Kos









Suara kiri yang paling berkumandang mengenai Web, adalah Markos "Kos" Moulitsas, seorang tokoh politik tanpa identis online. Blog miliknya menampilkan komentar kalangan liberal mulai dari Nancy Pelosi hingga Jimmy Carter, dan Moulitsas bahkan pernah melansir sebuah konferensi (disiarkan menjadi bagian aksi C-Span) bagi para aktifis politik berpikiran serupa. Dukungan Kos tidak selalu berupa kesuksesan, tetapi dukungannya terhadap Ned Lamont mempengaruhi lawannya, Joe Lieberman, yang mengalami kekalahan dalam pemilihan pendahuluan Senat Partai Demokrat di Connecticut tahun lalu, walaupun Lieberman menang telak dalam pemilihan umum sebagai kalangan independen. Kos tidak mengindikasikan hasrat apapun terkait kepemilikan kantor sendiri.

24. Jeff Bezos, CEO Amazon

Ia mungkin melansir Amazon.com dengan tujuan pengembangan situs itu menjadi toko buku online terbesar, tetapi Bezos menunjukkan bahwa bisnis buku dan CD di seluruh negara itu hanyalah aksi pertama. Putaran berikutnya: merambah barang mainan, kaus, dan perangkat berat. Dan saat ini, sebagai cabang bisnisnya, Bezos melemparkan dirinya sendiri ke dalam layanan Web. Artinya? Hanya sebagai awal dari framework terbaru pengembangan situs, termasuk layanan "utilitas komputasi" yang mungkinkan Anda membeli server time dengan harga 10 sen untuk selama satu jam. Sementara menanti ditemukannya cara strategi grid computing inovasinya bekerja, jangan lupa bahwa Bezos akan menawari Anda Barbie Fashion Fever Grow 'N Style Styling Head dengan potongan harga hingga 50 %.

25. Robert Scoble, Vice president of media development untuk PodTech.net

Anda tahu aktivitas para pekerja adalah suatu kesuksesan jika pebisnis besar ingin ikut bergabung. Bagi bisnis besar itu —yang menyandang nama Microsoft— telah melakukan segalanya dengan benar. Semuanya ini menyangkut Robert Scoble. Saat menjadi pekerja Microsoft, ia membuat blog tentang perusahaan itu dan memperkenalkan sisi kemanusiaan dari kerajaan Redmond. Pandangan sekilas terhadap pekerjaan inti Microsoft, teknologi hebatnya, dan orang-orang cerdasnya menghancurkan (atau paling tidak merentakan) stereotype Microsoft. Blog Microsoft lantas menjadi bagian integral komunikasi perusahaan itu dengan para penggunanya. Pada 2006 Scoble meninggalkan Microsoft untuk PodTech.net, di mana video podcast Scoble Show berisi wawancaranya dengan para gaek. Bintang tamu terbarunya adalah editor in chief PC World, Harry McCracken, yang berhenti memperdebatkan pertanyaan abadi: Mac atau PC? Scoble juga pernah mewawancarai kandidat presiden AS 2008 John Edwards, yang terang-terangan mempersulitnya blogger itu.

26. John Battelle, Entrepreneur dan chairman Federated Media Publishing

Pengusaha dan wartawan John Battelle mendapatkan posisi di sisi arena saat berlangsungnya pembukaan Web 1.0, 2.0 (ia menjadi cohost acara konferensi Web 2.0 Summit dengan Tim O'Reilly—lihat nomor 36), dan (dalam fase awal) 3.0. Sebagai tambahan, ia menemukan sesuatu yang dianggap sebagai Vanity Fair dan People Magazine sebagai era Internet: Wired Magazine dan The Industry Standard. Proyek teranyarnya, Federated Media Publishing, mewakili daftar utama konten online. Daftarnya sebanyak lebih dari 50 situs menyertakan 43 Folders, Ars Technica, BoingBoing, dan TechCrunch. Buku Battelle terbitan 2005 berjudul The Search: How Google and Its Rivals Rewrote the Rules of Business and Transformed Our Culture dan blog miliknya, Searchblog, dapat dibaca oleh siapa saja yang ingin memahami kestabilan perkembangan dunia industri teknologi.

27. Lawrence Lessig, CEO Creative Commons

Pernyataan statusnya yang bagaikan raja dalam bidangnya, Wired bahkan pernah menjulukinya sebagai "Elvis of Cyberlaw"—dan beberapa nama lainnya. Lawrence Lessig adalah profesor pada Stanford University Law School serta founder dan ketua Creative Commons (CC), inisiatif nirlaba yang mempromosikan sistem lisensi gratis tetapi tanpa pembatalan untuk karya online. Dirancang memungkinkan pemegang hak cipta untuk mendistribusikan konten dan mengontrolnya karena lisensi CC menginterpretasikan apakah pemegang hak tersebut masih membutuhkan atribusi lain, pembatasan penggunaan komersil, atau memungkinkan karya salinan mendapat perhatian khusus. Aktivitas musik seperti DangerMouse dan David Byrne menyediakan lagu-lagunya dalam lisensi Sampling Plus CC untuk distribusi nonkomersil dan contoh komersil, sementara terdapat pembatasan pemasangan iklan untuk itu. Properti media yang dilisensi Creative Commons tersimpan dalam bentuk yang dapat dicari ulang pada halaman Creative Commons Search.

28. Meg Whitman, CEO eBay

Jika ada industri yang tidak terjamah eBay, saat ini kita tidak akan menemukannya. Entah berusaha menyertakan produk PlayStation 3 pada minggu yang sama dengan publikasinya atau berusaha melengkapi setelan gambaran aksi Thundercats, Anda mungkin akan mengunjungi raja segala lelang yang patut dimuliakan. Tetapi Meg Whitman, yang berperan sebagai CEO eBay saat ini usianya menjelang 9 tahun (berdasarkan era standar dot-com) dan memiliki banyak ide dari sejak masa boneka GI Joe dan masalah kantor pusat. Ia juga menjadi bos sistem pembayaran online Web terbesar, PayPal, dan bangga terhadap kepemilikan terbarunya atas sistem VoIP paling terkenal, Skype.

29. Ron Wyden, Senator AS asal Oregon

Senator senior AS asal Oregon dari partai Demokrat, memiliki peringkat panjang sebagai salah satu suara Capitol Hill yang paling berpengaruh dalam bidang teknologi. Selama jabatannya, Wyden menjadi penulis dan anggota penulis Science and Technology Emergency Mobilization Act, Cyber Security Research and Development Act, dan CAN-SPAM Act yang kontroversi. Baru-baru ini, Wyden memperkenalkan rancangan undang-undang bernama Internet Nondiscrimination Act, yang mencegah perusahaan telekomunikasi membayar lebih besar untuk distribusi konten yang lebih cepat.

30. Michael Arrington, Blogger/publisher asal TechCrunch

Pengusaha dan mantan pengacara yang ikut membuat jawaban pemerintah Kanada untuk pihak Netflix (Zip.ca), Michael Arrington, alihkan perhatiannya pada 2005 ke masalah blogging tentang perusahaan Web anyar. Hampir setiap malam ia menjadi sensasi, memperoleh bermacam perhatian, menjilat dari calon dot-com yang biasanya dipesan oleh nama-nama seperti Gates dan Jobs. Dengan properti TechCrunch yang saat ini berkembang hingga mencapai 6 domain, Arrington yang kadang pemarah ini tidak diragukan lagi adalah pekerja blogger yang paling hebat dewasa ini.

31. Bruce Schneier, Cryptographer

Entah fokusnya adalah Transportation Security Administration prosedur keamanan terbaru atau pertanyaan kepastian keamanan password dengan 12 karakter, Bruce Schneier tawarkan renungan paling logis (dan paling sangat berpengaruh) pada keamanan komputer yang sepertinya dapat ditemukan secara online atau offline. Tulisan Schneier terbaru tentang masalah keamanan terkait dengan perang melawan teroris—luar negeri, di rumah, dan secara online—perlu dibaca.

32. Kevin Rose, Founder Digg
Semua orang yang memiliki cerita di jaringan Web ingin agar user Kevin Rose "menggalinya." Mantan pembawa acara TechTV (dan kolega Leo Laporte—lihat nomor 47) mendirikan Digg.com pada 2004, menghadirkan kekuatan jaringan sosial untuk bidang pemberitaan. Algoritma Digg mungkinkan user mengajukan berita kesukaan mereka dan memilihnya. Ekspansi Digg hingga ke luar berita teknologi hingga kategori berita mainstream pada Juni 2006 mendorong BusinessWeek memilih gambar Rose yang terlihat bodoh pada bagian depan bersama dengan estimasi penawaran dengan alis mata yang naik sebesar USD 60 juta. Entah Rose seorang multijutawan atau bukan, situsnya ternyata hanya memiliki sedikit pengaruh dalam jaringan Internet.

33. David Farber, Founder Interesting-People.org

Sejak awal 1990, David Farber telah menjalankan mailing list Interesting-People. Mulanya hanya berupa beberapa e-mail sederhana untuk kalangan teman dan kolega (orang-orang yang tertarik) dan berubah menjadi deposit mailing list online. Interesting-People mengetengahkan topik mulai dari 9/11 hingga netralitas Digital Millennium Copyright Act to Net dan selanjutnya menjadi matang dengan komentar opini dari beberapa orang berpengaruh. Farber saat ini adalah profesor sains komputer dan public policy pada Carnegie Mellon University. Posisi sebelumnya juga sebagai petugas chief technologist untuk Federal Communications Commission.

34. John Hinderaker, Scott Johnson, dan Paul Mirengoff, Author PowerLine

Kandidat politik tidak mampu lebih lama mengacuhkan blog politik, dan PowerLine adalah salah satu blog khusus kalangan politik yang paling berpengaruh. Tiga serangkai neo konservatif tersebut—tiga pengacara yang bertemu saat menimba ilmu pada Dartmouth College— mulai mendapat kepercayaan dari "RatherGate," ketika mereka menyusun argumen paksaan di mana dokumen Killian tersebut, yang digunakan Dan Rather selama siaran berita 60 Minutes pada layanan National Guard milik George W. Bush, ternyata tipuan. Awalnya, Rather dan CBS News tidak mengindahkan blogger PowerLine; tetapi akhirnya, CBS mengakui adanya pemalsuan tersebut dan Rather mengundurkan diri.

35. Vinton G. Cerf, Chairman ICANN Board of Directors, serta vice president dan chief Internet evangelist untuk Google

Memiliki peran dalam pengembangan protokol TCP/IP sarana bergantung jaringan. Vinton G. Cerf adalah salah satu bapak pendiri Internet. Sebagian besar karyanya sehubungan protokol muncul selama era 1970-an dan awal 1980-an sementara pada masa itu ia bekerja untuk DARPA (Department of Defense's Advanced Research Projects Agency, agen proyek penelitian mutakhir departemen pertahanan, red). (Untuk menghargai usahanya, Cerf dan mitranya Robert Kahn dianugerahi Presidential Medal of Freedom pada 2005.) Saat ini, Cerf memimpin ICANN (Internet Corporation for Assigned Names and Numbers), dan sejak tahun 2005 ia menjadi vice president dan chief Internet evangelist Google. Ia menjadi pembela tangguh untuk masalah netralitas Internet, terutama sebelum diajukan ke pihak Senate Judiciary Committee. Ia juga bekerja dengan NASA dalam Jet Propulsion Laboratory pada sebuah Interplanetary Internet bagi kepentingan sistem komunikasi luar angkasa yang lebih luas.



36. Tim O'Reilly, Founder dan CEO O'Reilly Media


O'Reilly adalah pencipta frase "Web 2.0," dan ia juga ikut menjadi pembawa acara (bersama dengan John Battelle—lihat nomor 26) ajang konferensi industri Web 2.0 Summit yang wajib diikuti. Penerbit keluaran Harvard ini membuat yayasan dengan fokus pada manual komputer. Banyak peminat komputer segera dapat mengenali keruwetan garis hitam dan putih gambar binatang yang menghiasi sampul buku O'Reilly. Tetapi perusahaan ini tumbuh mengintegrasikan media baru—blog, podcast, dan barita online—dukungannya.



37. Drew Curtis, Founder Fark.com

Vulgar, kasar, dan menghasilkan trafik, itulah cara yang ditempuh Fark.com dalam mengundang komunitas komentator khususnya untuk berpartisipasi dalam pembedahan yang selalu brutal. Akan tetapi hal ini sering kali kocak tentang berita hangat yang terkadang menjadi berita baru. Ketika situs ini memberikan lampu hijau untuk berita dengan baris kepala deskriptif "Anna Nicole Smith's condition downgraded to dead," Reuters dan media pemberitaan internasional lainnya lantas melaporkan faktanya. Enterprise ini masih dijalankan oleh seorang pria, founder dan asisten cerdas Drew Curtis. Pada Januari 2007, ia meluncurkan FarkTV pada situs video komedi SuperDeluxe. Ia juga dijadwalkan akan merilis buku berjudul It's Not News, It's Fark: How Mass Media Tries to Pass Off Crap as News pada bulan Mei 2007.

38. Gabe Rivera, Creator Techmeme

Gabe Rivera mengkreasikan content-analysis algorithm kuat yang mampu memindai media berita dan blog tradisional, mengidentifikasi narasi penting, dan mengkategorisasikannya dengan tanda berupa hal yang mudah dibaca. Tujuannya untuk menemukan narasi berita besar selanjutnya yang saat ini belum dimiliki. Itulah mengapa blogger berpengaruh, decision maker, dan kutu berita menganggap situs Techmeme harus dibaca. Sementara Digg menyusun narasi berita berdasarkan pilihan, dan Slashdot (lihat nomor 44) melakukannya berdasarkan opini editorial, teknologi yang mendasari Techmeme—dan situs turunannya WeSmirch, Memeorandum, dan Ballbug—menyediakan cara paling hebat dalam pemanfaatan kekuatan investigasi blogosphere.

39. Dave Winer, Blogger dan author RSS 2.0

Jika Anda menghabiskan waktu berjam-jam sehari untuk membaca podcast, maka Anda dapat berterima kasih atau menyalahkan Dave Winer (semua itu tergantung Anda sendiri). Ia adalah salah satu inventor podcasting—dan salah satu blogger angkatan pertama. Winer mulai dengan blog miliknya bernama Scripting News, yang masih dapat dibaca dengan jelas, pada 1997. Ia juga ikut menulis protokol SOAP, sebuah elemen instrumental dalam Web service tanpa operating system. Tetapi, RSS karyanya—yang merupakan teknologi di belakang feed konten Web—adalah yang mampu melambungkan namanya. Produk itulah, ditambah kemampuannya meyakinkan New York Times untuk melakukan RSS dan karyanya yang dapat dimodifikasi sehingga dapat mendukung file media (melahirkan podcast), menjadikannya sebagai bapak distribusi konten era modern.

40. Mike Schroepfer, Vice president of engineering Mozilla

Dalam kelangsungan perang browser, Mike Schroepfer adalah jenderal bintang lima yang memimpin raksasa tentara open-source tetapi secara desentral yang terdiri dari para anggota dan relawan insinyur. Misinya: mengimprovisasikan Web browser terbaik di dunia, Firefox. Lingkungan open-source Firefox mungkinkan siklus pengembangan yang lebih cepat untuk pengintegrasian fitur baru dan keamanan tambahan. Verifikasi kesuksesannya adalah adopsi Internet Explorer 7 terhadap fitur FireFox seperti tabbed browsing.

41. Perez Hilton, Hollywood blogger

Suka atau tidak, blogger kontroversi ini (bernama asli: Mario Lavandeira) mengubah wajah wartawan selebritis. Situs Hilton yang sangat terkenal sepanjang waktu tawarkan akses tentang berita dan foto selebritis, tetapi itu bukan salah satu alasan mengapa ia masuk dalam daftar ini. Hilton mengalami perseteruan hukum dengan agen foto X17, yang menuduhnya menggunakan foto berhak cipta tanpa izin. Hilton mengklaim posting foto pada situsnya adalah hal yang sah, sesederhana mudahnya penggunaan gambar dalam berita. Selanjutnya, perkara hukum federal senilai USD 7,6 juta akan sangat berpengaruh cara blogger di manapun untuk memanfaatkan foto digital secara online.

42. Paul Graham, Trevor Blackwell, Robert Morris, dan Jessica Livingston, Founder Y Combinator

Daripada menanamkan modal besar dalam perusahaan-perusahaan yang mungkin (atau tidak) kelak akan menjadi perusahaan lain sekelas Google, perusahaan penanam modal seperti Y Combinator melakukan kalkulasi yang lebih kecil dengan potensi menjadi Google mini. Y Combinator melakukan 2 putaran biaya dan pengeluaran dengan jumlah kurang dari USD 20.000 untuk para coder dalam usaha mendanai pembuatan prototype yang kelak menghasilkan keuntungan lebih besar. Dalam aksi timbal baliknya, Y Combinator meminta porsi 2 % hingga 10 % saham perusahaan itu. Perusahaan-perusahaan kecil yang dibiayai adalah Reddit (telah diakuisisi oleh CondeNast), Kiko, dan Weebly. Nama-nama tersebut terdengar lucu, jelas, tetapi Anda pasti masih ingat waktu pertama kali mendengar nama YouTube?

43. Mikko H. Hypponen, Direktur penelitian antivirus dari F-Secure












Blog berita keamanan F-Secure, yang ditulis oleh direktur penelitian antivirus-nya, Mikko H. Hypponen, adalah salah satu tempat di Internet yang dapat dikunjungi untuk mempelajari tentang ancaman keamanan terbaru. Sayangnya Sony BMG tidak berpikir seperti itu. Ketika secara langsung diamati oleh F-Secure, Sony BMG mengacuhkan peringatan Hypponen sehubungan rootkit yang tersembunyi dalam software anti pembajakan yang digunakan dalam CD audio SonyBMG. Walaupun F-Secure tidak menyebarluaskan masalah tersebut, ahli Windows, Mark Russinovich, merinci proses penemuan rootkit tersebut dalam blog miliknya. Perasaan malu yang muncul (dan perkara hukum pihak ketiga tentang rootkit itu) kemungkinan mendorong Sony untuk menganggap Hypponen lebih serius lain kali.

44. Rob Malda, Founder Slashdot.org

Pada 1997, Rob Malda (aka CmdrTaco) pencipta Slashdot, blog yang aslinya memiliki konten berita dengan prioritas didiskusikan dalam kirimannya oleh pembaca penjerat (dan kadang sangat teknis). Faktanya, narasi berita aslinya sering kali tersedia berupa pokok sederhana lompatan saja untuk isi komentar dan diskusi situs itu (feed untuk link ke beberapa narasi berita). Bahkan jika Anda memilih Digg (lihat nomor 32), Techmeme (lihat nomor 38), Technorati, atau beberapa blog agregasi berita lainnya, jangan lupa semuanya mengawali dengan Slashdot. Penulis dan editor masih mempertimbangkannya dengan sebuah penghargaan jika narasi berita mereka "dipenggal," walaupun terjadi peningkatan kompetisi dari situs lain yang mencuri sedikit gemuruh Slashdot.

45. Nick Denton, Founder Gawker Media

Kerajaan blog Nick Denton sangat berpengaruh dan sangat blog bahwa Anda mungkin paling tidak mengunjungi salah satu dari 15 propertinya setiap hari melalui sebuah rute atau lainnya. Dengan judul-judul yang menyertakan 6 Gawker alternatif halaman New York City, Washington, D.C., berita buruk Wonkette, L.A. sepadan dengan Defamer, dan situs berita teknologinya, Gizmodo, kerajaan Denton tidak perlu dipertanyakan lagi sebagai perusahaan blogging mandiri yang paling sukses di dunia Web saat ini, memiliki pengaruh signifikan dalam industri mulai dari bidang automobile Hollywood hingga teknologi mutakhir.

46. Sir Tim Berners-Lee, Direktur World Wide Web Consortium (W3C)

Apa yang akan Anda lakukan setelah menciptakan World Wide Web dan menawarkan secara cuma-cuma? Mendirikan konsorsium yang bertujuan mengimprovisasikannya. Ilmuwan Inggris ini merancang Web browser, editor, dan language protocol (HTTP) pertama sementara juga bekerja sebagai ilmuwan untuk CERN (European Organization for Nuclear Research), dan ia mendirikan W3C pada 1994. Ia saat ini menyuarakan dukungannya terhadap netralitas Internet. Dan seperti kata kalangan perusahaan finansial terbilang tua bernama E.F. Hutton, jika Berners-Lee berbicara, semua orang akan mendengarkan.

47. Leo Laporte, Creator podcast This Week in Tech (TWiT)

Paling tidak 15 tahun lalu, seorang pria di belakang Leoville menciptakan, memandu, dan menulis acara radio dan televisi, hal yang paling melambungkan mantan TechTV ini adalah penampilan Screen Savers. Gaya sesuai personalitasnya didemonstrasikan kepada dunia bahwa media teknologi bisa juga menyenangkan. Aksi penanaman modal terbarunya adalah jaringan podcast TWiT.tv, enterprise yang didukung pemirsanya ini mengumpulkan mantan kru TechTV lain dan mempekerjakan mereka untuk pembuatan lebih dari lusinan podcast, termasuk tajuk "This Week in Tech."

48.Mohammed dan Omar Fadhil, Blogging Suara Iraq
Tidak terbilang banyaknya blogger yang tertahan karena masalah kebebasan berbicara dengan opini tentang Perang Iraq. Tetapi Fadhil bersaudara, yang membuat blog tentang Iraq, menjadi model yang memunculkan perspektif bahwa beberapa blogger lainnya dapat juga berkompetisi dengan mereka. Mereka adalah orang Iraq yang berbasis di Baghdad. Seseorang akan mendapati ketidakmungkinan membaca posting Fadhil tanpa mengakuisisi pemahaman lebih dalam tentang perang tersebut, implikasinya, dan efek setelahnya. Tidak ada contoh yang lebih baik di manapun tentang cara wartawan pribumi berusaha mengubah dunia.

49.Jesse James Garrett, Presiden Adaptive Path 
Garrett, presiden butik desain Web di San Francisco, AS, bernama Adaptive Path, tidak menciptakan Ajax, kumpulan teknologi dan teknik pemrograman yang menyediakan aplikasi berbasis Web seperti aplikasi produktifitas Zoho dan Google Maps interaktifitas dan kecepatan serupa software desktop. Tetapi Ajax tidak benar-benar bangkit hingga Garrett mengidentifikasikan dan menyebutkannya dalam sebuah uraian yang cukup berpengaruh—dan ia tetap melakukan pembelaan dengan lancar untuk teknik inovatif lagi efektif yang digunakan dalam banyak situs dan layanan Web 2.0 terbaik.

50. Tila Tequila, Tokoh MySpace
Jika Anda berteman dengan penyanyi dan model Tila Tequila (nee Nguyen), Anda bukan satu-satunya. Sebanyak 1,6 juta user MySpace mengidentifikasikan diri mereka serupa dengan Anda. Tequila membuktikan persahabatan MySpace ini dapat memberinya kekuatan (dukungan), kemasyuran, dan kekayaan. Nyatanya, ia mendefisi ulang kata "teman" untuk menjangkau individu yang bahkan tidak pernah ditemui. Meskipun apa yang Anda pikirkan tentang talenta Ms. Tequila, ia jelas dapat mengajarkan kursus melalui Web tentang ekonomi, menjadikan saluran komunikasi popularitas online-nya berada dalam ketenaran tingkat A (lebih tepat, tingkat C). Ia berpose untuk majalah Stuff dan ia ikut dalam film yang dibintangi Adam Sandler dan saat ini tengah dalam fase produksi. Halaman MySpace miliknya mengalami peningkatan tajam dengan tampilan lebih dari 56 juta halaman dan komentar sebanyak 1.734.374 buah



Sumber : http://my.opera.com/Zamruthblue/blog/50-orang-terpenting-dalam-dunia-web

0 komentar:

Poskan Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More